Headlines News :
Home » » Yahwe Adalah Dewa Pagan

Yahwe Adalah Dewa Pagan

Written By Admin on Thursday, October 25, 2012 | 12:10 PM

Ini adalah sharing persepsi tentang Yahwe & tidak bermaksud untuk menjauhkan/mendiskreditkan pengikut Yahwe. Saya hanya sharing  persepsi ttg Yahwe dalam pandangan pengikut Yesus dgn berdasarkan ayat2 Alkitab ibrani.
Bisa kita diskusikan bersama sekiranya ada yg mengganjal. Karena saya terbuka terhadap pemikiran dari aliran apapun

KERANCUAN TERJEMAHAN
Dalam Alkitab terjemahan indonesia terjadi kerancuan karena kata Lord, God, ELOHIM semuanya dihajar jadi satu kata "Tuhan" inilah permasalahannya yg menyebabkan semua mengira Yahwe adalah Tuhan, padahal levelnya hanyalah setara dewa.

DEFINISI NAMA YAHWE
Untuk mengetahui siapakah Yahwe berdasar alkitab bisa dilihat dari kitab Mazmur bahasa ibrani yg asli (jangan terjemahan indonesia yg hantam kromo semua diganti jadi kata Tuhan):
(Mazmur 24:10)
"miy hu zeh melekh' hakavod?
Yehwah Tzevaot hu melekh' haka"
"Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?
Yahwe Tsevaot, Dialah Raja Kemuliaan!"

Arti dari kata Tsevaot (bentuk jamak dari tseva) adalah pasukan-pasukan.  Maka arti dari Yahwe Tsevaot adalah Yahwe yg merupakan bagian dari pasukan-pasukan.
Pasukan milik siapakah itu? tentu saja pasukan ELOHIM yg esa, oleh karena itu disebut juga Yahwe ELOHIM

ADA BANYAK DEWA / ELOHIM
Alkitab mengajarkan bahwa banyak ELOHIM-ELOHIM (allah-allah) lain selain Yahwe.
(Mazmur 82:1) "Allah {ELOHIM} berdiri dalam perhimpunan dewata, di tengah dewa-dewa {ELOHIM-ELOHIM} Iapun memutuskan hukum"

Bentuk jamak ELOHIM inilah yg diartikan sebagai dewa-dewa. Dalam alkitab bahasa inggris dewa-dewa diterjemahkan sebagai Gods.

Jadi dari Mazmur 82:1 ada pengertian ELOHIM (Allah yg esa) yg lebih superior & membawahi ELOHIM-ELOHIM (dewa-dewa).

YAHWE HANYALAH SATU DIANTARA BANYAK DEWA
Yahwe adalah bagian dari ELOHIM. Karena itu disebut Yahwe ELOHIM, yg artinya bagian dari ELOHIM. Tapi Yahwe itu sendiri bukanlah satu-satunya ELOHIM karena Alkitab (1 Raja-Raja 11:33) menyebutkan bahwa terdapat banyak ELOHIM-ELOHIM lain selain Yahwe ELOHIM, yg jika disebutkan sbb:
-Ashtoreth ELOHIM (allah/dewa bangsa Sidon)
-Chemosh ELOHIM (allah/dewa bangsa Moab)
-Milcom ELOHIM (allah/dewa bangsa Ammon)
-Yahwe ELOHIM (allah/dewa bangsa Israel)
Pada ayat 1 Raja-Raja 11:33 di atas kita mendapati nama allah-allah (dewa-dewa) berbagai bangsa. Dan dewa Yahwe meminta bangsa israel menyembah dia, seperti yg dilakukan Daud, dan bukan menyembah dewa bangsa lain.
Dalam 1 Raja-Raja 11:31, Yahwe sebagai dewa israel mengatakan dia akan membagi kerajaan Salomo menjadi 10 suku. Sebagai dewa bangsa israel tentu dia bisa melakukan ini, tapi belum tentu dengan bangsa lain dimana Yahwe bukan dewa-nya.

Di alkitab Yahwe sering mengatakan kepada bangsa israel untuk tidak menyembah ELOHIM bangsa lain. Misalnya disini:
(Ulangan 6:14)
"lo telkhun akharey Elohiym
akherym meelohey haamym asher sviyvoteykhem"
"Jangan menyembah {ELOHIM} lain yang disembah bangsa-bangsa yang tinggal di sekitarmu" <BIS>
"Janganlah kamu menyembah dewa-dewa {ELOHIM plural} dari pada segala dewata {ELOHIM plural} bangsa lain yang tinggal di sekitarmu" <TL>

(Ulangan 29:18)
"Pen-yesh bakhem iysh o-ishah o mish'pachah
o-sheve† asher l'vavo foneh hayom
meim *Yehwah Eloheym* lalekhet
laavod et-Eloheym haGoyim hahem
pen-yesh bakhem shoresh poreh rosh w'laanah"
"Sebab itu janganlah di antaramu (bangsa israel) ada laki-laki atau perempuan, kaum keluarga atau suku yang hatinya pada hari ini berpaling dari {Yahwe ELOHIM}, untuk pergi berbakti kepada ELOHIM bangsa-bangsa itu".

Pada ayat Ulangan 29:18 diatas terlihat bahwa alkitab versi ibrani tidak menyebut bahwa yg berkata adalah Tuhan (ELOHIM) saja, tapi Yahwe ELOHIM, yg menandakan perintah tersebut hanya berlaku untuk bangsa israel dimana Yahwe ELOHIM adalah dewa-nya, bukan Ashtoreth ELOHIM dsb, yg merupakan dewa bangsa lain.

Ayat-ayat diatas sudah menunjukkan adanya banyak ELOHIM lain selain Yahwe
Namun Yahwe mengatakan bahwa dialah ELOHIM yg harus disembah bangsa Israel (bukan bangsa lain)
Jadi ini menunjukkan bahwa yahwe bukanlah ELOHIM/Allah Esa yg universal itu, melainkan hanyalah dewa teritorial, yg kastanyanya dibawah "ELOHIM yg esa" namun lebih superior diatas manusia.
Oleh karena itu, sebagai salah satu dari sekian banyak dewa/ELOHIM ciptaan "ELOHIM yg esa", maka sudah wajar jika dewa Yahwe punya temperamen yg cemburu dengan dewa-dewa lain (Keluaran 34:14), terutama karena dewa Yahwe merasa sudah berjasa membebaskan bangsa israel dari mesir (keluaran 6:7), pasti hati dewa Yahwe tersakiti & cemburu seperti halnya seperti manusia (yg juga sama2 makhluk ciptaan Allah/ELOHIM yg esa) tentu juga akan marah kalau dikhianati. 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Template Design : Yesus Dan Kristen
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yesus Dan Kristen - All Rights Reserved